Berita Asuransi | Tentang Asuransi

Hobi Berpetualang ke Berbagai Negara

Surel Cetak PDF

Ia memang sudah terlalu cinta terhadap dunia asuransi yang kini menjadi bagian dari hidupnya. Keberhasilan Patricia Rolla di dunia asuransi memang berbuah pengalaman indah baginya. Sebab, prestasi hasil kerjanya itu membawanya menjelajahi dunia. “Selama 22 tahun berkecimpung di asuransi mungkin sudah lebih dari 40 negara saya kunjungi. Kunjungan ini selain terkait pekerjaan, juga saya manfaatkan untuk berpetualang. Biasanya saya mengambil cuti agar bisa tinggal lebih lama di negara yang saya kunjungi,” ujar Direktur Utama PT MNC Life yang pernah lama tinggal di California, AS ini.

Ia memang hobi berpetualang dengan mengendarai mobil. Rolla sering sendirian mengendarai mobil lintas benua Eropa dan Amerika. Seperti di Eropa, biasanya dia menyewa mobil dan pergi dari negara satu ke negara lainnya. Untungnya, sistem penyewaan mobil di Eropa cukup mudah dan tidak merepotkan. Sebab, mobil sewaan bisa ditinggalkan di tujuan akhir. “Berpetualang di Eropa paling menyenangkan, suasana negara yang satu ke negara lainnya sangat berbeda. Naik turun gunung, bahkan menikmati kawasan bersalju. Beda dengan di daratan AS yang kebanyakan hanya gurun yang kita temui,” tuturnya. Rolla yang sudah beberapa kali mengarungi negara-negara bagian di daratan AS dengan mobil.

Selama berpetualang ke banyak negara Rolla mengaku tidak pernah mengalami kesulitan beradaptasi, termasuk soal cuaca, makanan, ataupun bahasa. Bahkan dia sering tidur di dalam mobil ketika ngantuk dan belum dapat penginapan. “Orang yang suka traveling itu easy going, biasanya mudah beradaptasi dengan kondisi apa pun,” katanya.

Menurut Rolla, yang paling sulit adalah berpetualang di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok yang sering membuatnya tersesat. “Kebanyakan rambu-rambu di jalannya menggunakan bahasa setempat yang tulisannya tidak saya mengerti. Terutama di Korsel, di sana sama sekali tidak ada rambu yang menggunakan bahasa Inggris,” ujarnya. Makanya, setiap ke Korsel ataupun Jepang, Rolla selalu ditemani pemandu. 

Saat di Indonesia, Rolla juga kerap menghabiskan waktu liburnya dengan memacu mobilnya di sejumlah kota. Paling sering ia berpetualang ke Bandung, Merak (Banten), Sukabumi, dan Bogor. Ia juga suka melakukan kegiatan off road dengan timnya di Sukabumi. “Saya suka tantangan,” ujarnya.

Menurut Rolla, ia lebih suka melakukan kegiatan yang menantang dan banyak aktivitas ketimbang harus berdiam diri. Makanya, ia tidak suka saat diajak menonton film. Sebab, sulit baginya duduk diam selama dua jam tanpa melakukan apa-apa. “Masa dua jam kita biarkan orang menipu kita dengan sandiwara,” ujarnya sambil tertawa.

Awal Karir

Bagi Rolla, sebenarnya bekerja di asuransi bukan cita-citanya. Awalnya ia ingin menjadi ahli farmakologi. Rolla sempat bekerja di sebuah perusahaan farmasi Ciba-Geigy Pharmaceutical, Jakarta. Namun, dia akhirnya "dijebloskan" ke dunia asuransi. “Awalnya saya ikut menjadi agen asuransi karena memang diajak teman,” kisahnya.

Ketika itu sekitar tahun 1989, ada kawannya bernama Rizal Maningka yang mengajaknya menjadi agen asuransi Dharmala Manulife. Saat itu, sulit bagi seorang cowok menjadi agen asuransi. Soalnya, selama ini agen asuransi didominasi wanita-wanita cantik bahkan artis-artis. Rizal ketika itu bisa masuk menjadi agen jika mampu mengajak dua wanita untuk menjadi agen. “Saya dan seorang teman dia ajak. Belakangan, malah saya sendiri yang bertahan di asuransi,” kata Rolla.

Menurut Rolla, ternyata dunia asuransi cocok baginya, selain sebagai pekerjaan mulia, juga ia bisa mendapatkan banyak uang. Pekerjaan menjadi agen asuransi juga merupakan pekerjaan yang menantang. Setiap agen harus berjiwa wirausaha agar bisa berhasil. Bagi Rolla, keberhasilannya di perusahaan asuransi karena dia memegang prinsip orang Tionghoa yakni, “Uang kecil tidak keluar, uang besar tidak datang.” Makanya, tidak heran dia berani berkorban komisi agar bisa menggaet banyak nasabah. 

Tetapi yang terpenting baginya ketika menangani pekerjaannya yakni kepuasan berhasil melakukan sesuatu yang berbeda dan kepuasan karena bisa membantu orang lain untuk berhasil. [SP/*] 

 

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 19 April 2012 13:35 )  

Pasang Iklan Banner Anda Disini!

Surat Pembaca

Judul Surat Pembaca 1

Judul Surat Pembaca 1

Setiap tahun, berbagai Perguruan Tinggi terus melahirkan wisudawan baru. Pascawisuda, mereka beratribut sebagai angkatan kerja baru dan bersiap untuk memperebut...

Kolom

Kanker Rahim Penyebab Kematian Utama Wanita

Kanker Rahim Penyebab Kematian Utama Wanita

Ahli onkologi kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr Laila Nuranna PhD SpOG (K) mengatakan, kanker leher rahim masih menjadi pe...

Pernik

US$ 500 Juta untuk Asuransi Hewan Peliharaan

US$ 500 Juta untuk Asuransi Hewan Peliharaan

Pengeluaran warga Amerika Serikat (AS) untuk hewan peliharaan semakin meningkat tiap tahun. Warga AS ternyata rela menghabiskan banyak uang demi hewan-hewan peliharaan me...